RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VIII/1
Mata Pelajaran : Sains (Biologi)
Standar Kompetensi | : | 1. | Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia. |
Kompetensi Dasar | : | 1.3 | Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. |
Indikator | : | 1. | Mendefinikan macam-macam tulang berdasarkan bentuk dan strukturnya |
| | 2. | Membedakan tulang rawan dan tulang keras sebagai penyusun rangka tubuh manusia |
Alokasi Waktu | : | 2 X 40 menit | |
Tujuan Pembelajaran | : | Peserta didik dapat | |
| | 1. | Mengetahui macam-macam tulang berdasarkan bentuknya |
| | 2. | Mengetahui macam-macam tulang berdasarkan strukturnya |
| | 3. | Membedakan tulang rawan dan tulang keras sebagai penyusun rangka tubuh manusia. |
Materi Pembelajaran | : | Sistem gerak pada manusia | |
Metode Pembelajaran | : | | Model |
| | - | Cooperative Learning Make - a Match |
| | | Metode |
| | - | Diskusi kelompok |
Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 menit)
. Apersepsi
- Tentunya kalian pernah melihat atau membuat layang-layang sederhana, apakah yang membuat layang-layang bisa membentuk persegi seperti itu? Apakah yang menyokong kertas yang di lekatkan padanya?
- Bandingkan dengan manusia, organ apa yang membuat manusia tegak berdiri?
. Motivasi
- Amati kegiatan pada saat kita berdiri! Mengapa kita bisa berdiri dengan tegak seperti itu?
. Prasyarat pengetahuan
- Bergerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Kita dapat bergerak, berjalan dan menjalankan kegiatan sehari-hari karena dikaruniai alat gerak pada tubuh kita. Apa sajakah alat gerak pada tubuh kita? Dan bagaimana bisa terjadi gerakan seperti itu?
B. Kegiatan Inti (55 menit)
1. Guru menjelaskan sedikit materi tentang alat gerak pada manusia
- Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
3. Setiap siswa mendapatkan satu buah kartu, diusahakan dengan ini timbul rasa ingin tahu tentang pernyataan pada kartu yang dipegang.
4. Guru menyebutkan salah satu kode kartu yang dibawa oleh masing-masing siswa dan akan otomatis terdapat satu pasang pernyataan yang berisi pertanyaan dan jawaban yang tentang fungsi rangka pada manusia, dan kemudian guru membahasnya dengan singkat.
5. Dengan dibantu oleh instruksi guru siswa menyiapkan hasil praktikum yang telah dikerjakan di rumah secara berkelompok. Demikian juga guru menyiapkan hasil praktikum yang telah dikerjakan sebelumnya.
6. Guru membandingkan hasil keduanya dan kemudian membahasnya dengan singkat.
7. Guru membagikan LKS pada masing-masing siswa
8. Siswa mengerjakan LKS dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing.
9. Beberapa perwakilan kelompok membacakan hasil diskusinya.
10. Guru menanggapi dan memberikan informasi yang sebenarnya.
11. Guru melanjutkan menyebutkan kode kartu pasangan sampai selesai dan memberikan review.
C. Penutup (15 menit)
§ Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
§ Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan, dan kemudian memberikan post test.
§ Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal dan produk.
Sumber Belajar
§ Buku Sekolah Elektronik (BSE)
§ Turso/ Model Rangka Manusia
§ LKS (Lembar Kerja Siswa)
§ Charta
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
§ Tes tertulis
§ Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
§ Uraian
§ Pilihan Ganda
§ Uji petik Kerja
§ Produk
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tugas tes uraian
Fungsi rangka antara lain, Sebutkan!
- Contoh tugas tes Pilihan Ganda
Berdasarkan bentuknya tulang dibedakan menjadi 3, Kecuali .....
a. Tulang panjang (pipa)
b. Tulang Pendek
c. Tulang pipih
d. Tulang Tengkorak
- Contoh Unjuk Kerja
Berdasarkan bentuknya termasuk tulang apakah gambar dibawah ini?
Mengetahui Guru Pembimbing YAYUK WAHYUNI,S.H,S.Pd NIP. 195811161979032003 | Madiun, 7 September 2009 Mahasiswa PPL AGUNG DWI PRASETYO NPM. 08 431 001 |
Silabus
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VIII (Delapan)/Semester I
Mata Pelajaran : Sains (Biologi)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Berbagai Sistem Dalam Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan | Sistem gerak pada manusia | - Studi pustaka dan mengidentifikasi tentang macam organ penyusun sistem gerak pada manusia. - Mengamati turso/ model rangka manusia untuk mengenal bermacam-macam rangka penyusun tubuh manusia. - Menyebutkan rangka penyusun tengkorak, rangka badan dan tulang anggota badan. - Mendefinikan macam-macam tulang berdasarkan bentuk dan strukturnya - Membedakan tulang rawan dan tulang keras dengan melakukan pengamatan terhadap tulang paha ayam yang direndam dalam larutan HCl dan air biasa. | - Mendeskripsikan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia - Mengidentifikasi macam-macam rangka penyusun tengkorak, rangka badan dan tulang anggota badan. - Mendefinikan macam-macam tulang berdasarkan bentuk dan strukturnya - Membedakan tulang rawan dan tulang keras sebagai penyusun rangka tubuh manusia | - Tes tulis - Diskusi - Penugasan | - Pilihan Ganda - Uraian - Unjuk kerja - Tugas rumah - Produk | - Berdasarkan bentuknya tulang dibagi menjadi3, kecuali..... a. Tulang panjang b. Tulang Pendek c. Tulang pipih d. Tulang Tengkorak - Fungsi rangka antara lain, Sebutkan! | 4 × 40’ | Buku Sekolah Elektronik (BSE), LKS,Turso/ Model Rangka Manusia, Charta |
Mengetahui Guru Pamong YAYUK WAHYUNI,S.H,S.Pd NIP. 195811161979032003 | Madiun, 31 Agustus 2009 Mahasiswa PPL AGUNG DWI PRASETYO NPM. 08 431 001 |
FORMAT PENILAIAN
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VIII (delapan)/Semester I
Mata Pelajaran : Sains (Biologi)
NO | NAMA | P E N I L A I A N | Jumlah Total Nilai | |||||||||||||
ASPEK KOGNITIF | ASPEK AFEKTIF | ASPEK PSIKOMOTORIK (Produk) | ||||||||||||||
Soal Uraian | Soal Pilihan Ganda | Post Test | Jml | Respon Thd Perintah | Keaktifan Dalam Kelompok | Kemampuan Presentasi | Kemampuan Bertanya | Jml | Urutan (Sistematisasi) | Kelengkapan obyek | Tehnik Pembuatan | Keindahan | Jml | |||
1. | ANISA FITRI A. | | | | | | | | | | | | | | | |
2. | ARUM NING TYAS A. | | | | | | | | | | | | | | | |
3. | LILIS RATNASARI | | | | | | | | | | | | | | | |
4. | NIKA AGUSTINA | | | | | | | | | | | | | | | |
5. | UTARI ANDAYANI | | | | | | | | | | | | | | | |
6. | FARADILA ARNINTA D. | | | | | | | | | | | | | | | |
7. | HANELISA LAVELA C. | | | | | | | | | | | | | | | |
8. | INTAN RISKI K. | | | | | | | | | | | | | | | |
9. | QHURNIASARI CITRA | | | | | | | | | | | | | | | |
10. | RICKO RICHARD Y. | | | | | | | | | | | | | | | |
11. | RINI IKA SUSANTI | | | | | | | | | | | | | | | |
12. | RIZQIA SAHARA AVIDA | | | | | | | | | | | | | | | |
13. | VIA WISNU WARDANI | | | | | | | | | | | | | | | |
14. | AAN YULIAN | | | | | | | | | | | | | | | |
15. | ANNISA INTEN P. | | | | | | | | | | | | | | | |
16. | CITRA FEBRIANA AYU | | | | | | | | | | | | | | | |
17. | M. YUSUF YOGMA R. | | | | | | | | | | | | | | | |
18. | PRADYA PURI PUTRI N. | | | | | | | | | | | | | | | |
19. | ADRIAN YUDHA EVAN | | | | | | | | | | | | | | | |
20. | ATHIFAH WIDYANITA | | | | | | | | | | | | | | | |
21. | AYUNADEA PEBRI S. | | | | | | | | | | | | | | | |
22. | DWI MARDYANINGRUM | | | | | | | | | | | | | | | |
23. | DWI MUSTIKASARI | | | | | | | | | | | | | | | |
24. | EKA LUSNIASARI | | | | | | | | | | | | | | | |
25. | IKA MAHMUDAH | | | | | | | | | | | | | | | |
26. | ILHAM ALHASYIM | | | | | | | | | | | | | | | |
27. | ABIDA IMTIKHANA | | | | | | | | | | | | | | | |
28. | ALGAR PRAKOSA B. | | | | | | | | | | | | | | | |
29. | CHARLES MARCELINO P. | | | | | | | | | | | | | | | |
NO | NAMA | P E N I L A I A N | Jumlah Total Nilai | |||||||||||||
ASPEK KOGNITIF | ASPEK AFEKTIF | ASPEK PSIKOMOTORIK (Produk) | ||||||||||||||
Soal Uraian | Soal Pilihan Ganda | Post Test | Jml | Respon Thd Perintah | Keaktifan Dalam Kelompok | Kemampuan Presentasi | Kemampuan Bertanya | Jml | Urutan (Sistematisasi) | Kelengkapan obyek | Tehnik Pembuatan | Keindahan | Jml | |||
30. | LUPITA WIDASARI | | | | | | | | | | | | | | | |
31. | MAR’ATUS SOLIKHAH | | | | | | | | | | | | | | | |
32. | MAYA EMMA BETARI H. | | | | | | | | | | | | | | | |
33. | MIKAIL ANANDA S. | | | | | | | | | | | | | | | |
34. | ALVIDYA PUTRI A. | | | | | | | | | | | | | | | |
35. | GANIS ANGGRAINI R. | | | | | | | | | | | | | | | |
36. | LILIK SUZANTI | | | | | | | | | | | | | | | |
37. | RYAN RAAFI Q. | | | | | | | | | | | | | | | |
38. | SWADIGDYA HANDARU I. | | | | | | | | | | | | | | | |
39. | VIKA RISTINA | | | | | | | | | | | | | | | |
40. | | | | | | | | | | | | | | | | |
KET. RENTANG PERHITUNGAN PENILAIAN
ASPEK KOGNITIF | ASPEK AFEKTIF | ASPEK PSIKOMOTORIK |
Ket. Nilai Soal: - Soal Uraian : 1 – 3 = 3 - Soal Pilihan Ganda : 1 – 3 = 3 - Pos Test : 1 – 3 = 3 + Jumlah 9 : 3 = 3 | Ket. Rentang Nilai : - Respon Terhadap Perintah : 1 – 3 = 3 - Tingkat Keaktifan Dalam Kelompok : 1 – 3 = 3 - Kemampuan Presentasi : 1 – 3 = 3 - Kemampuan Bertanya : 1 – 3 = 3 . + Jumlah 12 : 4 = 3 | Ket. Rentang Penilaian :
JUMLAH 12 : 4 = 3 |
JUMLAH NILAI TOTAL | ||
Rentang nilai :
Jumlah 9 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar