Senin, 07 September 2009

RPP BIOLOGI KLAS 8 SMP_ rangka

Tropical Paradise Island Royalty Free Stock Photo

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMP

Kelas / Semester : VIII/1

Mata Pelajaran : Sains (Biologi)

Standar Kompetensi

:

1.

Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar

:

1.3

Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Indikator

:

1.

Mendefinikan macam-macam tulang berdasarkan bentuk dan strukturnya

2.

Membedakan tulang rawan dan tulang keras sebagai penyusun rangka tubuh manusia

Alokasi Waktu

:

2 X 40 menit

Tujuan Pembelajaran

:

Peserta didik dapat

1.

Mengetahui macam-macam tulang berdasarkan bentuknya

2.

Mengetahui macam-macam tulang berdasarkan strukturnya

3.

Membedakan tulang rawan dan tulang keras sebagai penyusun rangka tubuh manusia.

Materi Pembelajaran

:

Sistem gerak pada manusia

Metode Pembelajaran

:

Model

-

Cooperative Learning

Make - a Match

Metode

-

Diskusi kelompok

Langkah-Langkah Pembelajaran

A. Pendahuluan (10 menit)

. Apersepsi

- Tentunya kalian pernah melihat atau membuat layang-layang sederhana, apakah yang membuat layang-layang bisa membentuk persegi seperti itu? Apakah yang menyokong kertas yang di lekatkan padanya?

- Bandingkan dengan manusia, organ apa yang membuat manusia tegak berdiri?

. Motivasi

- Amati kegiatan pada saat kita berdiri! Mengapa kita bisa berdiri dengan tegak seperti itu?

. Prasyarat pengetahuan

- Bergerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Kita dapat bergerak, berjalan dan menjalankan kegiatan sehari-hari karena dikaruniai alat gerak pada tubuh kita. Apa sajakah alat gerak pada tubuh kita? Dan bagaimana bisa terjadi gerakan seperti itu?

B. Kegiatan Inti (55 menit)

1. Guru menjelaskan sedikit materi tentang alat gerak pada manusia

  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban

3. Setiap siswa mendapatkan satu buah kartu, diusahakan dengan ini timbul rasa ingin tahu tentang pernyataan pada kartu yang dipegang.

4. Guru menyebutkan salah satu kode kartu yang dibawa oleh masing-masing siswa dan akan otomatis terdapat satu pasang pernyataan yang berisi pertanyaan dan jawaban yang tentang fungsi rangka pada manusia, dan kemudian guru membahasnya dengan singkat.

5. Dengan dibantu oleh instruksi guru siswa menyiapkan hasil praktikum yang telah dikerjakan di rumah secara berkelompok. Demikian juga guru menyiapkan hasil praktikum yang telah dikerjakan sebelumnya.

6. Guru membandingkan hasil keduanya dan kemudian membahasnya dengan singkat.

7. Guru membagikan LKS pada masing-masing siswa

8. Siswa mengerjakan LKS dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing.

9. Beberapa perwakilan kelompok membacakan hasil diskusinya.

10. Guru menanggapi dan memberikan informasi yang sebenarnya.

11. Guru melanjutkan menyebutkan kode kartu pasangan sampai selesai dan memberikan review.

C. Penutup (15 menit)

§ Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.

§ Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan, dan kemudian memberikan post test.

§ Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal dan produk.

Sumber Belajar

§ Buku Sekolah Elektronik (BSE)

§ Turso/ Model Rangka Manusia

§ LKS (Lembar Kerja Siswa)

§ Charta

Penilaian Hasil Belajar

a. Teknik Penilaian:

§ Tes tertulis

§ Penugasan

b. Bentuk Instrumen:

§ Uraian

§ Pilihan Ganda

§ Uji petik Kerja

§ Produk

c. Contoh Instrumen:

- Contoh tugas tes uraian

Fungsi rangka antara lain, Sebutkan!

- Contoh tugas tes Pilihan Ganda

Berdasarkan bentuknya tulang dibedakan menjadi 3, Kecuali .....

a. Tulang panjang (pipa)

b. Tulang Pendek

c. Tulang pipih

d. Tulang Tengkorak

- Contoh Unjuk Kerja

Berdasarkan bentuknya termasuk tulang apakah gambar dibawah ini?

Mengetahui

Guru Pembimbing

YAYUK WAHYUNI,S.H,S.Pd

NIP. 195811161979032003

Madiun, 7 September 2009

Mahasiswa PPL

AGUNG DWI PRASETYO

NPM. 08 431 001


Silabus

Sekolah : SMP

Kelas / Semester : VIII (Delapan)/Semester I

Mata Pelajaran : Sains (Biologi)

Standar Kompetensi : 1. Memahami Berbagai Sistem Dalam Kehidupan Manusia

Kompetensi Dasar

Materi Pokok Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Tehnik

Instrumen

Contoh Instrumen

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

Sistem gerak pada manusia

- Studi pustaka dan mengidentifikasi tentang macam organ penyusun sistem gerak pada manusia.

- Mengamati turso/ model rangka manusia untuk mengenal bermacam-macam rangka penyusun tubuh manusia.

- Menyebutkan rangka penyusun tengkorak, rangka badan dan tulang anggota badan.

- Mendefinikan macam-macam tulang berdasarkan bentuk dan strukturnya

- Membedakan tulang rawan dan tulang keras dengan melakukan pengamatan terhadap tulang paha ayam yang direndam dalam larutan HCl dan air biasa.

- Mendeskripsikan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia

- Mengidentifikasi macam-macam rangka penyusun tengkorak, rangka badan dan tulang anggota badan.

- Mendefinikan macam-macam tulang berdasarkan bentuk dan strukturnya

- Membedakan tulang rawan dan tulang keras sebagai penyusun rangka tubuh manusia

- Tes tulis

- Diskusi

- Penugasan

- Pilihan

Ganda

- Uraian

- Unjuk kerja

- Tugas rumah

- Produk

- Berdasarkan bentuknya tulang dibagi menjadi3, kecuali.....

a. Tulang panjang

b. Tulang Pendek

c. Tulang pipih

d. Tulang Tengkorak

- Fungsi rangka antara lain, Sebutkan!

4 × 40’

Buku Sekolah Elektronik (BSE), LKS,Turso/ Model Rangka Manusia, Charta

Mengetahui

Guru Pamong

YAYUK WAHYUNI,S.H,S.Pd

NIP. 195811161979032003

Madiun, 31 Agustus 2009

Mahasiswa PPL

AGUNG DWI PRASETYO

NPM. 08 431 001

FORMAT PENILAIAN

Sekolah : SMP

Kelas / Semester : VIII (delapan)/Semester I

Mata Pelajaran : Sains (Biologi)

NO

NAMA

P E N I L A I A N

Jumlah Total Nilai

ASPEK KOGNITIF

ASPEK AFEKTIF

ASPEK PSIKOMOTORIK (Produk)

Soal Uraian

Soal Pilihan Ganda

Post Test

Jml

Respon Thd Perintah

Keaktifan Dalam Kelompok

Kemampuan Presentasi

Kemampuan Bertanya

Jml

Urutan (Sistematisasi)

Kelengkapan obyek

Tehnik Pembuatan

Keindahan

Jml

1.

ANISA FITRI A.

2.

ARUM NING TYAS A.

3.

LILIS RATNASARI

4.

NIKA AGUSTINA

5.

UTARI ANDAYANI

6.

FARADILA ARNINTA D.

7.

HANELISA LAVELA C.

8.

INTAN RISKI K.

9.

QHURNIASARI CITRA

10.

RICKO RICHARD Y.

11.

RINI IKA SUSANTI

12.

RIZQIA SAHARA AVIDA

13.

VIA WISNU WARDANI

14.

AAN YULIAN

15.

ANNISA INTEN P.

16.

CITRA FEBRIANA AYU

17.

M. YUSUF YOGMA R.

18.

PRADYA PURI PUTRI N.

19.

ADRIAN YUDHA EVAN

20.

ATHIFAH WIDYANITA

21.

AYUNADEA PEBRI S.

22.

DWI MARDYANINGRUM

23.

DWI MUSTIKASARI

24.

EKA LUSNIASARI

25.

IKA MAHMUDAH

26.

ILHAM ALHASYIM

27.

ABIDA IMTIKHANA

28.

ALGAR PRAKOSA B.

29.

CHARLES MARCELINO P.

NO

NAMA

P E N I L A I A N

Jumlah Total Nilai

ASPEK KOGNITIF

ASPEK AFEKTIF

ASPEK PSIKOMOTORIK (Produk)

Soal Uraian

Soal Pilihan Ganda

Post Test

Jml

Respon Thd Perintah

Keaktifan Dalam Kelompok

Kemampuan Presentasi

Kemampuan Bertanya

Jml

Urutan

(Sistematisasi)

Kelengkapan obyek

Tehnik Pembuatan

Keindahan

Jml

30.

LUPITA WIDASARI

31.

MAR’ATUS SOLIKHAH

32.

MAYA EMMA BETARI H.

33.

MIKAIL ANANDA S.

34.

ALVIDYA PUTRI A.

35.

GANIS ANGGRAINI R.

36.

LILIK SUZANTI

37.

RYAN RAAFI Q.

38.

SWADIGDYA HANDARU I.

39.

VIKA RISTINA

40.

KET. RENTANG PERHITUNGAN PENILAIAN

ASPEK KOGNITIF

ASPEK AFEKTIF

ASPEK PSIKOMOTORIK

Ket. Nilai Soal:

- Soal Uraian : 1 – 3 = 3

- Soal Pilihan Ganda : 1 – 3 = 3

- Pos Test : 1 – 3 = 3 +

Jumlah 9 : 3 = 3

Ket. Rentang Nilai :

- Respon Terhadap Perintah : 1 – 3 = 3

- Tingkat Keaktifan Dalam Kelompok : 1 – 3 = 3

- Kemampuan Presentasi : 1 – 3 = 3

- Kemampuan Bertanya : 1 – 3 = 3 . +

Jumlah 12 : 4 = 3

Ket. Rentang Penilaian :

  • Urutan (sistematisasi) : 1 – 3 = 3
  • Kelengkapan obyek : 1 – 3 = 3
  • Tehnik Pembuatan : 1 – 3 = 3
  • Keindahan : 1 – 3 = 3 +

JUMLAH 12 : 4 = 3

JUMLAH NILAI TOTAL

Rentang nilai :

  • Kognitif : 1 – 3 = 3
  • Afektif : 1 – 3 = 3
  • Psikomotor : 1 – 3 = 3 +

Jumlah 9


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar